Berita

Wayang Kulit Semalam Suntuk

Jumat, 22 September 2017 / Berita

Dalam rangka Lustrum ke-15 atau Ulang Tahun ke-75, Paguyuban Alumni SMP Negeri 1 Yogyakarta menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Lakon yang dipilih adalah Banjaran Bimo, sedangkan dalangnya adalah Ki Seno Nugroho, seorang dalang yang sudah tidak asing lagi bagi penggemar wayang kulit di Yogyakarta dan sekitarnya. Pentas diawali dengan seremonial, yaitu sambutan Kepala SMP Negeri 1 Yogyakarta, Dra. Y. Niken Sasanti, M.Pd. Kepala Sekolah mengharapkan agar kehadiran lakon Banjaran Bimo di SMP Negeri 1 Yogyakarta dapat menghadirkan angin kebaikan, angin kebahagiaan, dan angin kemuliaan bagi sekolah dan menjauhkan sekolah dari berbagai angin jahat. Ini lantaran Bimo dikenal sebagai anak dari Dewa Bayu alias penguasa angin. Selain itu Kepala Sekolah juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pastu yaitu dokter Gun Samawi yang menyeponsori pagelaran wayang kulit ini, serta berbagai pihak yang ikut menyeponsori, menjadi donatur, maupun menyumbang dalam bentuk apa pun.

Pada pra pentas ini, alumni tak ketinggalan menyumbangkan beberapa tarian, antara lain Tari Gatotkoco Gandrung, Tari Edan-edanan, juga pertunjukan stand up comedy dari siswa SMP 1. Selanjutnya dilakukan penyerahan wayang Bimo oleh Pak Gun Samawi kepada Ki Seno Nugroho.

Pagelaran dimulai pukul 21.00, disaksikan oleh alumni, warga sekolah, tamu undangan, maupun masyarakat umum termasuk Senomania yang datang dari berbagai tempat. Di tengah-tengah pertunjukan, hujan turun, mula-mula gerimis lalu menjadi hujan agak deras, namun hanya sebentar saja. Semoga hujan yang turun pertanda turunnya rezeki di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Selanjutnya pagelaran berjalan dengan lancar hingga pungkasan yaitu pada pukul 04.00 tanggal 10 September. (YNS)

    Kirim Komentar

    Designed & Developed by Citraweb