Upacara Tongkat Pora dan Serah Terima Jabatan Dewan Penggalang SMP Negeri 1 Yogyakarta

Rabu, 23 Desember 2020 / Berita

Yogyakarta – (22/12) Pramuka SMP Negeri 1 Yogyakarta mengadakan upacara tongkat pora untuk Dewan Penggalang angkatan 2018/2019 dan serah terima jabatan untuk Dewan Penggalang angkatan 2020/2021. Kedua upacara tersebut dilaksanakan di GOR SMP Negeri 1 Yogyakarta pukul 07.00 hingga 09.30 WIB. Upacara kali ini diadakan dalam bentuk yang lebih sederhana daripada tahun-tahun sebelumnya. Peserta upacara merupakan perwakilan dewan penggalang angkatan 2018/2019, 2019/2020, dan 2020/2021.

Upacara tongkat pora dan serah terima jabatan Dewan Penggalang SMP Negeri 1 Yogyakarta dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal tersebut harus dilakukan demi memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia terkhususnya di kota Yogyakarta. Penerapan protokol kesehatan dilakukan mulai dari pertama kali memasuki kawasan SMP Negeri 1 Yogyakarta hingga keluar dari kawasan sekolah.  Ketika memasuki kawasan SMP Negeri 1 Yogyakarta, baik siswa maupun guru wajib mengenakan masker, mencuci tangan, dan melaksanakan pengecekan suhu tubuh. Mulai dari berlangsungnya upacara hingga pembubaran, seluruh peserta tidak ada yang melanggar protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak, tidak berkerumun, dan tetap mengenakan masker.

Acara berlangsung dengan lancar. Acara tersebut diawali dengan upacara tongkat pora untuk melepas dewan penggalang angkatan 2018/2019 dari Gaber (Garuda Beringin) yang merupakan nama dari Dewan Penggalang SMP Negeri 1 Yogyakarta. Upacara tersebut dipimpin oleh salah satu perwakilan dari GaBer angkatan 2019/2020 dengan Kak Memed selaku Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan SMP Negeri 1 Yogyakarta yang menjadi pembina upacara. Setelah upacara tongkat pora selesai, seluruh peserta upacara diperkenankan istirahat selama 15 menit untuk persiapan acara selanjutnya.

Acara dilanjutkan dengan upacara kenaikan tingkat yang bertujuan untuk menaikkan tingkat kecakapan umum calon pratama Gaber angkatan 2020/2021. Setelah upacara kenaikan tingkat selesai, dilaksanakan upacara serah terima jabatan dengan pemimpin upacara yang masih sama seperti upacara tongkat pora, tetapi pembina upacara dalam upacara serah terima jabatan ini adalah Dra. Y. Niken Sasanti, M. Pd., selaku Kepala Sekolah. Inti dalam upacara ini adalah penyerahan Panji Dewan Penggalang SMP Negeri 1 Yogyakarta dan Panji Garuda Beringin. Penyerahan tersebut diawali dengan penyerahan Panji Dewan Penggalang SMP Negeri 1 Yogyakarta dari wakil pratama Gaber angkatan 2019/2020 kepada pratama Gaber angkatan 2019/2020 yang kemudian diserahkan kepada kepala sekolah. Kepala sekolah menyerahkan panji tersebut kepada wakil pratama GaBer angkatan 2020/2021. Kemudian Panji Garuda Beringin diberikan oleh wakil pratama angkatan 2019/2020 kepada Pratama angkatan 2019/2020 yang kemudian langsung diserahkan kepada pratama Gaber angkatan 2020/2021. Setelah seluruh rangkain upacara serah terima jabatan selesai, diadakan sesi foto yang tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan. Setelah itu, acara dibubarkan. Seluruh siswa menyegerakan untuk pulang ke rumahnya masing-masing.

Acara tersebut bersifat penting dan mendesak sehingga harus segera dilaksanakan walau ternyata harus diadakan di tengah pandemi Covid-19 ini. Seluruh rangkaian acara tersebut berlangsung dengan khidmat dan cukup sederhana akibat dampak pandemi Covid-19. Setiap peserta upacara mematuhi segala macam protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sehingga tidak seluruh Dewan Penggalang SMP Negeri 1 Yogyakarta dapat hadir dalam acara tersebut. Setiap kegiatan berlangsung tanpa melalaikan protokol kesehatan yang ada. Hal tersebut tidak lepas dari kesadaran setiap Dewan Penggalang SMP Negeri 1 Yogyakarta akan pentingnya kesehatan terutama di tengah pandemi Covid-19 seperti ini. (SMP1/ Tsabita Puan Najla/ 9D)

    Kirim Komentar