Apa itu Chromebook?

Rabu, 29 September 2021 / Berita

Chromebook adalah laptop ringan yang dirancang untuk pengguna yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk online. SMP Negeri 1 Yogyakarta juga salah satu yang mendapatkan bantuan Chromebook untuk pembelajaran dari Pemerintah melalui Kementerian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Chromebook menjalankan sistem operasi yang disebut Chrome OS, yang mirip dengan Windows atau macOS, tetapi sebenarnya berada di atas platform Linux.

Beberapa Chromebook memiliki layar 11,6 inci, tetapi versi 13, 14, dan bahkan 15,6 inci juga tersedia. Produsen laptop seperti Dell, HP, Acer, Samsung, Lenovo hingga produsen lokal juga telah banyak yang memproduksi laptop, dengan jenis Chromebook.

 

1. Kecepatan

Chromebook dapat menyala dan siap digunakan dalam waktu sekitar delapan detik. Perangkat dapat melakukan ini karena hard drive SSD dan platform Chrome OS yang ringan.

Chromebook dengan spesifikasi yang relatif ringan dapat terasa jauh lebih cepat daripada prosesor Windows dengan harga yang sebanding.

Misalnya jika Chromebook dengan harga di bawah Rp3,9 jutaan (kurs Rp19.942), akan memberi Anda laptop yang terasa lebih cepat daripada laptop Windows 10 dengan harga yang sama.

Pada masa baterai, perangkat ini dapat digunakan rata-rata enam jam. Namun ada pula yang mengklaim dapat digunakan hingga 13 jam. Durasi pemakaian itu masih lebih lama jika dibandingkan dengan laptop Windows.

 

2. Keamanan

Chrome OS memiliki perlindungan virus dan malware bawaan yang selalu diperbarui ke versi terbaru, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang file berbahaya saat menggunakan Chromebook.

 

3. Kontrol Orang Tua

Pengguna Chromebook dapat membuat akun yang diawasi untuk melacak atau membatasi aktivitas online untuk anak-anak secara online.

Hal ini menjadikan Chromebook disebut menjadi laptop ramah keluarga, lantaran orang tua dapat mengontrol aktivitas pengguna.

 

4. Sinkronisasi

Chromebook menyinkronkan semua aplikasi dan sandi Anda dengan browser Chrome di komputer lain. Jadi, jika Anda menggunakan browser Chrome di kantor, atau di komputer lain di rumah, bookmark dan preferensi lainnya akan otomatis disinkronkan ke Chromebook.

 

5. Penyimpanan Awan

Ini adalah penyimpanan cloud  Google Drive yang terbilang cukup besar. Layanan yang sebanding dari Dropbox, OneDrive, atau Box akan dikenakan biaya langganan tambahan.

 

6. Pembaruan

Chromebook memperbarui dirinya sendiri secara diam-diam, otomatis, dan bergulirdi latar belakang. Jadi, perangkat Chromebook selalu dalam mode terbaru, dan berfungsi seperti yang Anda perlukan.

 

7. Aplikasi Android

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa beberapa Chromebook layar sentuh dapat menjalankan aplikasi Android.

Penggabungan Chrome OS dan Android ini benar-benar meningkatkan fungsionalitas Chromebook. Artinya, Anda dapat menggunakan aplikasi Android dari Adobe, Microsoft, dan lainnya untuk bermain game, membuat dan mengedit file, atau memutar musik dan film.

Meskipun terbilang banyak keuntungannya, tidak semua perangkat diciptakan dengan sempurna.

    Kirim Komentar