Rapat Kerja Guru dan Karyawan Tahun Ajaran 2019/ 2020

Senin, 15 Juli 2019 / Berita

Yogyakarta — Hari Selasa dan Rabu, 9-10 Juli 2019 seluruh guru dan karyawan SMPN 1 Yogyakarta telah melaksanakan Rapat Kerja (Raker) Tahun Ajaran 2019/ 2020. Raker ini dilaksanakan rutin setiap menjelang tahun ajaran baru. Raker dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Pengawas sekolah, Kepala Sekolah, guru, dan karyawan.

Raker yang dilaksanakan di ruang AVA berlangsung pukul 07.30-15.00. Tujuan pelaksanaan raker adalah menyiapkan seluruh komponen sekolah untuk mencapai keberhasilan sekolah dengan merancang program sekolah satu tahun ke depan. Pada hari pertama, raker dibuka dengan pengantar Kepala Sekolah. Kepala Sekolah, Dra. Y. Niken Sasanti, M.Pd. menyampaikan, “Keberhasilan sekolah tergantung dengan komponen sekolah. Komponen sekolah tersebut meliputi Kepala Sekolah, guru, karyawan, siswa, orang tua, alumni, dan masyarakat. Apabila semuanya bekerja sama dengan baik, sekolah akan menjadi baik dan berhasil mencapai tujuan.” Pada hari tersebut juga disampaikan program sekolah dari bidang kurikulum, bidang kesiswaan, bidang sarana prasarana, dan RKAS.

Pada hari kedua, kegiatan raker adalah membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan tuntutan abad 21. Di era milenial ini, para guru harus siap menghadapi tantangan yang ada, mulai dari persoalan literasi, karakter, dan tantangan lain yang lebih kompleks. Maka dari itu, para guru dibimbing membuat perangkat pembelajaran era abad 21.

Perangkat pembelajaran yang dibuat harus mencakup kegiatan literasi, PPK (penguatan pendidikan karakter, kegiatan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill), dan megintegrasikan 4C (Creative, Critical Thinking, Communiative, dan Collaborative). Pada era abad 21, proses pembelajaran diharapkan berpusat pada siswa sehingga siswa aktif dalam pembelajaran (Active Learning). Dengan demikian, kreatifitas guru sangat diperlukan untuk menghidupkan proses pembelajaran.

Raker yang berlangsung dua hari tersebut ditutup dengan presentasi perangkat pembelajaran dan arahan dari pengawas sekolah. Harapan ke depannya, sekolah dapat lebih maju dan berkembang, seluruh program sekolah terlaksana dengan baik, seluruh warga sekolah sejahtera, dan visi misi sekolah dapat tercapai. (RHI-SMPN1)

    Kirim Komentar