MPLS SMPN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020, Seluruh Komponen Sekolah Terlibat

Selasa, 30 Juli 2019 / Berita

Yogyakarta —. Seluruh siswa baru SMPN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020 mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) pada hari pertama masuk sekolah. MPLS SMPN 1 Yogyakarta dilaksanakan selama tiga hari, yakni 15-17 Juli 2019.

Pada hari pertama, siswa melaksanakan apel, berkenalan dengan teman sekelas, menerima wawasan wiyata mandala, mengenal visi, misi, kurikulu, dan ekstrakurikuler sekolah, serta pembinaan mental agama. Hari kedua, siswa melakukan tadarus dan ibadah pagi, menerima pendidikan karakter, gerakan menabung, tata karma dan tata tertib, serta berkunjung ke Museum Dharma Wiratama, perpustakaan kota, dan Museum YAP. Hari terakhir MPLS, siswa menerima pengarahan untuk belajar efektif, etika menggunakan handphone, kesadaran berbangsa dan bernegera, penyuluhan anti napza, pengenalan perpustakaan sekolah, dan pengenalan tim keamanan serta ketertiban sekolah.

Kegiatan MPLS digunakan untuk mengenal lingkungan sekolah dan membangun tali persaudaraan seluruh komponen sekolah, baik siswa dengan guru, karyawan, komite, maupun orang tua siswa. Selain perkenalan antara siswa dan guru, siswa juga dikenalkan berbagai macam kegiatan yang ada di lungkungan sekolah serta pendidikan karakter.

Suksesnya kegiatan MPLS tidak terlepas dari peran komponen sekolah, yakni guru, karyawan, komite, siswa, dan orang tua siswa. Pihak sekolah memberikan berbagai informasi sekolah kepada siswa dan orang tua. Komite sekolah membantu terbentuknya paguyuban orang tua yang nantinya akan turut membantu kelancaran proses pendidikan siswa di sekolah. Pada intinya, seluruh komponen sekolah harus bersinergi untuk mencapai visi misi sekolah.

Kegiatan MPLS disambut positif oleh berbagai pihak. Seluruh siswa merasa senang dapat mengikuti kegiatan MPLS karena banyak ilmu yang didapatkan. Setelah kegiatan MPLS, seluruh siswa sudah aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. (RHI-SMPN1)

    Kirim Komentar